PENERIMAAN POLRI (AKPOL)

Penerimaan Polri (Akpol), pastinya anda penasaran dengan informasi lowongan yang satu ini. Bagaimana tidak, pendidikan Akademi Kepolisian (Akpol) ini dapat menjadi salah satu harapan besar untuk karir anda. Selain pendidikan yang didapatkan, menjadi seorang perwira Negara merupakan sebuah kebanggaan tersendiri yang disegani.

Pada kesempatan ini, informasiloker.com memperoleh info menarik untuk anda seputar karir. Kesempatan karir seperti apa? Ya, kesempatan karir ini adalah tentang penerimaan Polri (Akpol). Saat ini Akademi Kepolisian Republik Indonesia (Akpol) tengah membuka peluang karir dalam penerimaan Polri (Akpol) tahun 2013. Nah, sebelum membahas informasinya alangkah baiknya kita mengetahui sejarah mengenai Kepolisian RI yang telah kami rangkum sedemikian rupa seperti berikut.

Akademi Kepolisian Republik Indonesia (Akpol) merupakan sebuah unsur dalam pelaksanaan pendidikan untuk pembentukan para Perwira Polisi Repubik Indonesia (Polri) yang kedudukannya berada di bawah Kalemdikpol. Tugas pokok dari Akpol tersebut adalah untuk melaksanakan tugas yakni menyelenggarakan pendidikan dalam pembentukan Periwira Polisi RI (Polri) tingkat akademi yang didasarkan pada peraturan Kepala Polri No. 21 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Satuan Organisasi Tingkat Mabes Polri.

Akademi Kepolisian Republik Indonesia (Akpol) dalam perkembangannya telah mengalami beberapa perubahan yang terjadi baik dalam organisasi maupun tempat domisili yang terakhir kalinya lokasi tetapnya berada di kota Semarang, Jawa Tengah. Akademi Kepolisian (Akpol) pada awalnya berdiri setelah diproklamirkannya kemerdekaan Indonesia, selang beberapa hari sesudahnya, para cendikiawan terbaik Indonesia melakukan perkumpulan untuk merebut kekuasaan secara pendidikan dari Jepang dan salah satunya adalah pengambil alihan pendidikan kepolisian zaman Jepang (Jawea Keisatsu Gakka) menjadi Sekolah Polisi Negara Republik Indonesia di Sukabumi, Jawa Barat sebagai tonggak lahirnya Akpol di Indonesia.

Tepatnya pada tanggal 10 Juli 1959 dengan didasari oleh surat Keppres No. 253 Tahun 1959, Kepolisian Negara Republik Indonesia berubah menjadi Angkatan Kepolisian Republik Indonesia, yang merupakan kesatuan dari Sekolah Inspektur Polisi di Bukit Tinggi dan Jogjakarta di ubah menjadi Sekolah Angkatan Kepolisian.

Selanjutnya perubahan nama kembali terjadi pada 1 Oktober 1965 dari Sekolah Angkatan Kepolisian Republik Indonesia di ubah namanya menjadi Akademi Angkatan Kepolisan (AAK) yang diresmikan oleh Ir. Jenderal Polisi Soetjipto Judodiharjo sebagai Menpangak melalui surat keputusan Menteri pertahanan dan keamanan Pangab No.468/5/B/65/M. Tidak sampai disitu, Akademi Angkatan Kepolisian kembali di ubah menjadi AKABRI pada tanggal 16 Desember 1966 yang merupakan bagian dari instansi kepolisian.

Komplek AKABRI bagian kepolisian di Semarang secara resmi di sahkan penggunaannya oleh Bapak Kapolri Jenderal PO.Drs. Awaloeddin Djamin MPA pada tanggal 1 Juli 1980. Perubahan kembali dialami menjadi Akpol (Akademi Kepolisian) pada tanggal 24 Januari 1985 berdasarkan surat keputusan Kapolri Nomor POLSkep/36/I/1985. Pada saat itu pula Pataka untuk Akpol mulai diterapkan, dimana pita ditambahkan pada bagian atas lambang  dengan tulisan “Akademi Kepolisian” dan sasanti di bagian bawah dengan bertuliskan “Atmaniwedana Kretakrama Aryawirya”, kemudian terakhir, lambang AKABRI diubah menjadi lambang POLRI.
Dalam informasi penerimaan Polri (Akpol) yang telah kami peroleh, terdapat beberapa persyaratan umum yang diperlukan. Adapun persyaratan umum penerimaan Polri (Akpol) tersebut adalah sebagai berikut.

Penerimaan Polri (Akpol) | CPNS

Persyaratan umum :

  • Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Seluruh Pria ataupun Wanita yang berkewarganegaraan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Saat pembukaan pendidikan, telah berusia minimal 16 Tahun dan maksimal adalah 21 tahun.
  • Melampirkan surat kelakuan baik (SKCK) untuk membuktikan bahwa anda tidak pernah terlibat dengan kasus apapun yang bertentangan dengan hukum.
  • Memiliki kepribadian yang jujur, adil, dan berwibawa serta berkelakuan tidak tercela
  • Sehat rohani serta melampirkan surat keterangan sehat dari institusi kesehatan untuk membuktikan bahwa anda memiliki kesehatan jasmani yang baik
  • Bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) serta siap dalam penugasan di seluruh bidang penugasan Polisi Republik Indonesia (POLRI)
  • Siap untuk selalu setia kepada NKRI sesuai yang diamanahkan dalam Pancasila dan UUD 1945

Jika anda bermaksud untuk bergabung dalam rekrutment penerimaan Polri (Akpol) tersebut diatas, silahkan baca lebih lanjut informasi selengkapnya mengenai penerimaan Polri (Akpol) melalui link “Sumber” yang tersedia di bawah ini.

Sumber: www.penerimaan.polri.go.id/utama.php?menu=konten/konten&id_hal=50

PENERIMAAN POLRI (AKPOL)

Demikian info penerimaan Polri (Akpol) yang informasiloker.com peroleh semoga bermanfaat, salam sukses.

Closing Date: 21 Mei 2013

PENERIMAAN POLRI (AKPOL) | Info loker | 4.5